Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pada akhir Oktober 2016 lalu, merilis hasil survei internet tahunan di tanah air. Peluang bagi kamu yang ingin terjun di bisnis digital.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) 2016 merilis hasil survei terakhir terkait statistik pengguna internet di Indonesia berikut perilaku pengguna internet.

APJII bekerja sama dengan Lembaga Polling Indonesia untuk melakukan survei tersebut. Proses survei dilakukan melalui tatap muka dengan metode multistep random sampling atau secara bertahap.

Tahap pertama mengenai penetrasi dilakukan dengan melihat pada 1.250 sampel dalam periode 1 hingga 11 Juni 2016.

Data yang dihasilkan dari periode ini kemudian dipakai sebagai kerangka pada proses selanjutnya, yaitu survei mengenai perilaku pengguna.

Pada tahap survei mengenai perilaku, dilakukan pengambilan sampelnya secara acak pada 2.000 orang, dan disesuaikan dengan persentase jumlah penduduk di suatu daerah.

Berikut fakta-fakta menarik dari hasil survei APJII yang Hitsss ulas untuk kamu. Yuk simak.

1. Target pasar yang membesar

Via www.oxford-group.com
Via www.oxford-group.com

Sebelumnya, hanya sebanyak 88 juta pengguna internet di tahun 2014, namun kini jumlahnya melonjak sebanyak 132,7 juta penduduk Indonesia yang sudah menggunakan internet. Angka tersebut merupakan separuh dari total populasi penduduk Indonesia.

Secara demografis, generasi millennial yang mendominasi pengakses internet terbesar di Indonesia. Hal tersebut berpengaruh pada meningkatnya transaksi dan pangsa pasar ecommerce – yang menjadi sistem jual beli yang kian banyak dipilih oleh generasi millennial di Indonesia.

Baca halaman selanjutnya: Mengoptimalkan sosial media untuk promosi….