Penyanyi sekaligus penulis lagu legendaris Bob Dylan dianugerahi Nobel Sastra 2016. Ada tiga fakta menarik di balik kesuksesan Bob Dylan dalam meraih penghargaan prestisius itu. Hitsss merangkumnya untuk kamu.

Terlahir dengan nama lengkap Robert Allen Zimmerman di Minnesota, Amerika Serikat, 24 Mei 1941, Bob Dylan dikenal sebagai penyanyi dan penulis lagu legendaris dunia.

Karya-karya lagunya tak hanya memberi pengaruh dan sumbangan bagi kemajuan dunia musik, tapi juga membangkitkan semangat kebersamaan, keadilan dan perdamaian. Tak heran oleh Majalah Rolling Stone, Bob Dylan masuk dalam daftar “Greatest Artists of All Time” sejajar dengan kelompok musik ternama dunia, The Beatles.

Mengulas keberhasilan sosok Bob Dylan di pentas musik dunia, berikut 3 fakta menarik yang Hitsss rangkum untuk kamu. Yuk simak.

1. Ciptakan sejarah baru

Via Nobel.org

Pada momen 13 Oktober 2016 lalu, Bob Dylan sukses menorehkan tinta emas dengan meraih Nobel Sastra 2016. Ia menyisihkan nama novelis asal Jepang Haruki Murakami dan sastrawan Kenya Ngugi wa Thiong’o.

Sosok novelis asal Jepang Haruki Murakami, sejatinya adalah yang paling dijagokan untuk meraih penghargaan bergengsi tersebut. Pasalnya, selama tiga tahun terakhir secara berturut-turut ia dinominasikan meraih Nobel Sastra.

Namun komite hadiah Nobel yang berpusat di Swiss membuat kejutan dengan memberikan penghargaan pada Bob Dylan yang telah 54 tahun berkarya. Selain piala, Bob juga mendapat hadiah uang USD 1,2 juta atau setara Rp 15,6 miliar.

Baca halaman selanjutnya: Nobel sastra untuk musisi…