2. Perhatikan strategi pesaing

via linkedIn.com
via linkedIn.com

Di dalam mengarungi dunia bisnis, seorang pengusaha harus jeli melihat strategi dari para pesaing.

Dengan melihat para pesaing. akan membuat kamu banyak belajar, bahas strategi yang mereka lakukan untuk menarik perhatian konsumen dan cara mereka meningkatkan kualitas produk serta meningkatkan penjualan.

Di sisi lain, ambil hal positif dari strategi pesaing, yang dapat memperkuat bisnis kamu. Jangan merasa malu untuk mencari ilmu dari para pesaing. Jika kamu merasa kurang maka kamu harus belajar dari mereka.

Tetapi kamu juga harus fokus dengan keunggulan dan kekuatan pengembangan bisnismu. Jangan terlalu fokus dan terpaku pada bisnis pesaing. Teruslah tingkatkan mutu produk dan kualitas pelayanan yang jauh lebih baik lagi.

3. Manfaatkan kekuatan teknologi digital

via alibaba.com
via alibaba.com

Seiring kemajuan dunia teknologi, saat ini semua orang memang lebih memilih sesuatu yang mudah, cepat dan praktis.

Jangan ketinggalan, manfaatkan kemajuan teknologi digital melalui website serta sosial media untuk  menjangkau pasar yang lebih besar serta pilihan konsumen secara tepat dan relevan, sehingga pada gilirannya mampu  meningkatkan penjualan dan pemasaran.

Pelajari dan terapkan content marketing yang kuat serta benar-benar sesuai dengan target market yang dibidik.

Menjalankan bisnis memang tidak mudah,  apalagi harus bertahan di waktu yang cukup lama. Tiga langkah strategi di atas setidaknya bisa memberi panduan alternatif, agar bisnis rintisanmu tak gampang tumbang.

Jangan pernah menyerah kamu harus punya kemauan kuat dan gigih untuk menjadi yang terbaik. Teruslah berpikir kreatif dan berpikir positif untuk pengembangan bisnismu. (DH/NH)