Introvert adalah sebutan bagi mereka yang cenderung punya kepribadian penyendiri, pemalu dan menutup diri pada kehidupan luar. Lalu bagaimana sosok pribadi ini menghadapi wawancara kerja? Berikut tip suksesnya.

Wawancara kerja dapat dikategorikan sebagai pengalaman yang menegangkan bagi setiap orang, apalagi jika kamu adalah orang yang mempunyai kepribadian introvert, sebuah wawancara mungkin merupakan hal yang sangat menegangkan.

Wawancara memaksa sang introvert untuk bertemu orang baru dan memberikan penjelasan tentang keahlian dan prestasi yang dimiliki. Hal itu sangat bertolak belakang dengan pemilik karakter ini.

Namun kamu jangan khawatir, dengan menerapkan strategi yang tepat, bahkan seseorang yang paling introvert pun dapat bersinar dan sukses saat wawancara kerja.

1. Gali informasi secara dalam

Via Job-like.com
Via Job-like.com

Ketahui informasi seluk-beluk pekerjaan dan perusahaan yang menjadi target kamu. Ingat bahwa ini adalah proses pencarian kerja untuk kepentingan masa depan, jadi kamu harus tampil semaksimal mungkin saat wawancara.

Lakukan riset sebanyak yang kamu butuhkan untuk menghilangkan rasa panik saat wawancara. Sebaiknya juga kamu mempelajari informasi perusahaan dan posisi yang akan kamu lamar.

Jadi ingatlah, semakin banyak informasi yang kamu miliki, maka semakin sedikit kecemasan kamu!

2. Cari tahu latar belakang interviewer kamu

Via Ruangpegawai.com
Via Ruangpegawai.com

Ini adalah strategi yang baik digunakan sehingga kamu terhindar dari kesalahpahaman, seperti membuat asumsi yang salah terhadap target siapa yang akan mewawancarai kamu.

Hal ini juga memungkinkan kamu untuk menjadi lebih dekat dengan orang tersebut, di mana hal ini jelas akan menguntungkanmu.

Baca halaman selanjutnya: Lakukan latihan wawancara…