3. Latihan wawancara dengan teman terdekat

Via Papasemar.com
Via Papasemar.com

Hal yang mungkin seorang introvert khawatirkan adalah kesan yang kelak ditinggalkan di benak orang lain.

Karena kamu yang introvert biasanya butuh beberapa saat untuk berkomunikasi dengan orang lain, cenderung membuat orang lain merasa bosan. Dengan melakukan latihan wawancara dengan teman dekatmu, kamu dapat melewati situasi ini.

Kamu juga harus menyiapkan pertanyaan apa saja yang ingin kamu tanyakan ketika wawancara. Pada saat yang bersamaan, kamu juga harus teliti dalam memberikan respon jawaban dari pertanyaan interviewer.

4. Berpikir positif dan optimis

Via Femina
Via Femina

Seorang introvert memiliki kelemahan dalam berinteraksi terhadap orang lain, wajar bila proses wawancara dianggap hal yang harus diwaspadai. Coba selalu optimis terhadap proses wawancara merupakan langkah permulaan yang baik.

Tanamkan dalam benak, kamu akan tampil dengan baik. Tenang, introspektif dan independen adalah sifat-sifat yang mungkin tidak tepat ditunjukkan saat wawancara kerja, tapi sebaliknya, tanpa kamu sadari merupakan kualifikasi yang dicari perekrut.

Ada beberapa perusahaan di mana orang-orang introvert maju dan berkembang.  Nah, perusahaan ini menghargai kamu sehingga kamu diundang untuk mengikuti proses wawancara, maka seharusnya hal ini tidak menjadi penghalang bagi perjalanan karier kamu. Fokuslah pada kekuatan dan keunggulan kamu, niscaya sukses pasti diraih. (NA/NH)