Keberadaan partner bisnis sangat penting bagi kelangsungan usaha. Jika kamu saling cocok, kemajuan bisnis dapat mudah diraih. Sebaliknya, jika kerap cekcok dan salah paham, bisnis pun dapat hancur. Berikut 5 kiat jitu ciptakan keharmonisan hubungan dengan mitra bisnis. Apa saja?

Ada banyak kasus, bisnis menjadi berantakan hanya karena cekcok dan salah paham dengan mitra bisnis. Ujung-ujungnya, bukan hanya merugikan kamu sebagai pebisnis, melainkan juga para klien dikorbankan  – yang telah mempercayai perusahaan kamu selama ini.

Tidak ingin hal seperti di atas terjadi, berikut Hitsss merangkum lima kiat ampuh untuk menciptakan kecocokan serta melanggengkan hubungan dengan partner bisnis kamu. Yuk simak ulasannya.

1. Memahami satu sama lain dari keunggulan hingga kelemahan

via freepik.com
via freepik.com

Sama halnya dalam berhubungan dengan orang yang kamu sayang, dalam berbisnis pun harus saling memahami kelemahan dan keunggulan satu sama lain.

Karena jika kamu saling memahami, hal tersebut akan menjadikan kamu dan partner bisnis memiliki strategi untuk saling melengkapi, saling bantu dan mencoba menutupi kelemahan partner bisnis, dengan keunggulan yang kamu miliki.

Namun yang harus diperhatikan, kamu dan dia adalah rekan bisnis yang bersatu dan kompak untuk mencapai kesuksesan. Karenanya, jangan pernah kamu  menyombongkan segala kehebatan yang dimiliki. Rendah hatilah. Jadikan kelebihanmu sebagai  strategi untuk menutup celah kelemahan yang dimiliki rekan bisnismu.

2. Mendiskusikan dan menyamakan persepsi

via freepik.com
via freepik.com

Dalam menjalankan bisnis tentu kamu  memiliki target jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang. Coba mendiskusikannya dengan rekan bisnismu bagaimana mewujudkan target – target bisnis tersebut.

Ini jelas penting dilakukan demi tercapainya kesamaan visi dan misi dalam satu pandangan dan satu tujuan. Jika sudah terbentuk sinergi yang baik, maka kesempatan untuk terciptanya kesuksesan bisnis pun akan semakin besar dirasakan.

Baca halaman selanjutnya: Temukan dan jalankan peran masing-masing…