Kahiyang Ayu, 25 tahun, putri satu-satunya Presiden RI Joko Widodo dikenal sosok cantik dan sederhana. Di balik penampilannya yang lembut dan bersahaja, ada lima fakta menarik dan unik tentang dirinya. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Sosok anak kedua Presiden Joko Widodo ini memang jarang menjadi sorotan pemberitaan di media massa. Banyak yang berpendapat wajahnya yang ayu dan manis sangat mirip dengan sang bunda – Iriana Joko Widodo.

Via Cumi-cumi.com
Via Cumi-cumi.com

Usai lulus dari Fakultas Teknologi Pangan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, pada 2013, saat ini Kahiyang sedang melanjutkan pendidikan menempuh Program Pasca Sarjana Manajemen dan Bisnis di Institut Pertanian Bogor (MB-IPB). Apa saja sisi menarik dari Ayu – sapaan akrabnya – putri satu-satunya dari Presiden Jokowi? Hitsss merangkumnya untuk kamu.

1. Selalu terlihat sederhana dan tidak neko-neko

Via Instagram
Via Instagram

Hidup sederhana dan apa adanya sudah menjadi ciri khas dari putra-putri Presiden Joko Widodo. Orang tua mereka memang sudah mendidik untuk hidup sederhana sejak kecil. Hal ini terlihat pada diri Kahiyang. Di berbagai kesempatan Kahiyang selalu berpakaian sederhana dan tidak berlebihan.

Ia selalu berusaha untuk tidak memanfaatkan fasilitas mewah, walaupun ia putri tercinta dari orang nomor satu di Indonesia.

Seperti orang tua dan kedua saudaranya yang lain, Ayu – sapaan akrabnya – tak masalah jika harus bepergian dengan menggunakan layanan pesawat kelas ekonomi. Bahkan ketika sakit, ia lebih memilih untuk berobat di puskesmas dengan menggunakan kartu BPJS Kesehatan miliknya.

Usai lulus kuliah di UNS Surakarta, Ayu mencoba mendaftar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di kota Solo, Jawa Tengah. Kendati anak Presiden, ia sama sekali tak mau memanfaatkan jabatan dan fasilitas ayahnya tersebut.

Ayu tetap mendaftar dan mengikuti tes sesuai  prosedur yang ada. Pada akhirnya Ayu dinyatakan gagal dalam seleksi tersebut, ia tetap berbesar hati menerimanya. Ayu ingin menunjukkan pada publik, ia tak memanfaatkan status istimewa ayahnya sebagai Presiden RI untuk sekedar memuluskannya masuk menjadi anggota PNS.

Baca halaman selanjutnya: Terkenal sebagai pribadi yang rendah hati dan tak sombong…