Sehat Sasarengan, menjadi kolaborasi Amartha dan WeCare.id, untuk memperluas akses layanan kesehatan dan kesejahteraan bagi pengusaha mikro di Indonesia.

Fasilitas teknologi keuangan bagi perusahaan mikro, Amartha, menjalin kerja sama dengan platform crowdfunding untuk layanan kesehatan, WeCare.id, meluncurkan program “Sehat Sasarengan”.

Program ini menawarkan akses layanan terpadu untuk pasien dan keluarganya, dalam menciptakan keluarga sehat dan sejahtera. Kedua lembaga ini sepakat, layanan kesehatan dan akses permodalan, menjadi kunci penguatan masyarakat mikro Indonesia.

Amartha dan WeCare.id berinisiasi melakukan kolaborasi ini, untuk menjadi bagian dari solusi dalam menyejahterakan kelompok masyarakat, terutama di daerah terpecil Indonesia. Ini selaras dengan program pemerintah Indonesia, yang menargetkan tingkat kemiskinan menurun ke angka 8-10 persen, pada akhir tahun 2016.

Pelaksanaan program “Sehat Sasarengan” ini juga didukung oleh CIMSA Nasional, proyek lembaga Independen yang diinisiasi Mahasiswa Kedokteran Indonesia serta Health Empowerment and Education Empowerment Project (HEUP), sebuah organisasi kesehatan yang diiniasi oleh dokter-dokter muda alumni Universitas Padjadjaran (Unpad).

Aria Widyanto selaku Vice President dan Head of Product Amartha menuturkan, “8 dari 10 orang di Indonesia masih belum memperoleh akses ke layanan perbankan, termasuk para pengusaha mikro yang tinggal di pelosok pedesaan. Saat ini, kami berkomitmen untuk menjangkau mereka dengan mempertemukan mereka dengan para pemilik modal lewat platform P2P Lending kami di amartha.com,” katanya.

Menurut Mesty Ariotedjo, Co-Founder WeCare.id, platform yang ia bangun bertujuan untuk mendorong pasien, agar dapat secara perlahan menjadi produktif dan mandiri secara ekonomi, setelah tak lagi mendapat bantuan.

“Hampir seluruh pasien yang kami galangkan dananya melalui platform WeCare.id, memiliki tingkat pemasukkan dibawah UMR. Hal ini menjadi suatu area yang harus kita pikirkan dan gali, inovasi apa yang tidak hanya ‘menyembuhkan’ pasien dari penyakit yang ia hadapi? Namun juga memerdekakan dirinya sebagai individu produktif dan memiliki kapabilitas ekonomi,” ungkap Mesty.

Program Sehat Sasarengan ini telah dilaksanakan pada 25 September 2016l alu di Desa Ciparay, Cangkuang, dan Pangalengan, Jawa Barat. Layanan cek kesehatan, penyuluhan kesehatan, serta sosialisasi peran pemberdayaan ekonomi tersebut, ditujukan kepada masyarakat di ketiga desa tersebut secara gratis. Ked epannya, program ini akan diadakan pula di berbagai daerah, desa-desa pelosok di Indonesia. (ST/DI)