Pendanaan sebagai modal usaha, memang penting untuk bisnis. Namun dana itu tidak harus selalu berasal dari pihak eksternal, karena kamu bisa melakukan pendanaan sendiri alias bootstrap, dan berikut adalah beberapa kelebihannya.

Saat anak-anak muda ingin memulai bisnis sendiri, biasanya yang terpikir pertama adalah, dari mana modalnya? Mereka yang tengah menjalankan usaha rintisan alias startup, juga biasanya sibuk mencari aliran pendanaan. Pitching sana-sini untuk mencari investor.

Namun sebetulnya, di luar hal tersebut, ada alternatif lain untuk pendanaan usaha, yaitu apa yang dikenal sebagai bootstrap, alias sebuah situasi kala seorang wirausahawan memulai bisnisnya dengan modal kecil, biasanya berasal dari pendanaan pribadi, dan bukan dari bantuan eksternal.

Berbisnis dengan pendanaan besar dari investor atau venture capital, memang dapat mempercepat laju perkembangan bisnis, namun demikian berbisnis dengan pendanaan sendiri, meskipun dananya serba terbatas, bukan juga tak memiliki keuntungan.

Berikut ini Hitsss sajikan empat alasan mengapa kamu perlu mempertimbangkan sistem bootstrap untuk membangun bisnismu:

1. Kamu bisa mengontrol penuh bisnismu

Via Picturequotes.com
Via Picturequotes.com

Jika kamu memilih melakukan bootstrap pada startup-mu, kamu dapat mengendalikan sepenuhnya usaha kamu akan seperti apa, dan bagaimana usaha kamu akan dijalankan.

Kamu bisa mengambil keputusan penuh untuk mengembangkan usaha kamu di masa mendatang, dan menentukan rencana hidupmu sendiri. Tak sedikit pula pengusaha yang sukses dengan menerapkan cara bootstrap untuk bisnisnya, dan keuntungannya adalah kita bisa memiliki kebebasan untuk bereksperimen sesuai keinginan, tanpa harus memikirkan tanggung jawab kepada orang lain dengan melakukan bootstrap.

Baca halaman selanjutnya: Bebas dari tekanan, karena yang menentukan target adalah dirimu sendiri…