Kala membutuhkan sebuah jasa, konsumen kerap kali menghabiskan waktunya untuk mencari jasa tersebut dengan berselancar, lalu menelepon, dan menjelaskan mengenai job request-nya satu per satu kepada penyedia jasa. Dua sahabat Nayoko Wicaksono dan Clarissa Leung menemukan hal tersebut tidak efektif dan buang waktu. Ini menjadi cikal bakal bagi mereka melahirkan Seekmi.com, platform online yang menjadi solusi koneksi antar penyedia jasa.

“Ide utamanya adalah menjadi ‘connector’ massal,” kata Nayoko, Co-Founder dan CEO Seekmi, kepada Hitsss. Diungkapkan Nayoko, ia terinspirasi pada konsep semacam ini yang sukses diterapkan di sebuah situs di Amerika, yakni Thumbtack. “Situs ini sudah mendapat investasi dari Google dan Sequoia Capital sebesar 130 juta dolar Amerika, dan situs ini menjadi backbone banyak penyedia jasa di Amerika,” kata Nayoko.

Dok. Seekmi
Dok. Seekmi

Visi besar Seekmi adalah membantu konsumen mendapatkan jasa lokal terbaik secara efisien dan gratis. Di Seekmi, konsumen hanya perlu menuliskan satu form job request, dan Seekmi akan bekerja mencarikan beberapa rekomendasi penyedia jasa profesional kepada mereka.

“Dari sisi penyedia jasa, Seekmi membantu para penyedia jasa mengembangkan bisnisnya melalui pemasaran digital, dengan mempertemukan mereka kepada klien-klien yang mencari jasa mereka. Dalam hal ini, Seekmi membantu para penyedia jasa seperti Usaha Kecil Menengah (UKM) untuk menuju digital,” kata Nayoko.

Saat ini banyak yang mencari jasa lewat direktori atau iklan, namun bagi Nayoko, bukan berarti penyedia jasa tersebut adalah yang paling relevan dengan kebutuhan klien. “Ini juga menguntungkan untuk penyedia jasa, karena mereka tidak perlu banyak effort untuk mengeluarkan biaya untuk iklan atau mencari ‘leads’, tapi fokus untuk ‘closing’ deal dengan menulis penawaran,” katanya.

Sejak diluncurkan versi Beta pada Agustus 2015 lalu, situs Seekmi mengalami perkembangan. Nayoko mengklaim, dalam waktu satu bulan, Seekmi mendapatkan attraction yang baik, dan tercatat ada ribuan vendor penyedia jasa profesional dan konsumen atau pencari servis yang mendaftar di situs Seekmi.

Nayoko mengungkapkan, Seekmi sendiri didukung oleh sejumlah investor Indonesia, salah satunya adalah EMTEK. “Pada awalnya kami melakukan pendanaan sendiri sampai akhirnya kami mendapatkan dana investasi dari EMTEK, serta Justin Kan (Founder Justin.TV dan Twitch.TV) dan ibu Mari Elka Pangestu (mantan Kemenparekraf),” ungkap Nayoko. Dan saat ini, Seekmi sedang mencoba melakukan kemitraan dengan beberapa perusahaan ecommerce, perbankan, dan media.

“Kami juga menjalin kemitraan dengan komunitas dan UKM di Indonesia. Dari sisi online, kami lebih memaksimalkan kampanye melalui Seekmi Magazine dan media sosial kami. Seperti yang sedang berlangsung sekarang, Seekmi memberikan Rp 1 juta tunai kepada konsumen yang mendaftar di Seekmi dan diundi setiap satu minggu sekali,” katanya.

Bicara model bisnis Seekmi, Nayoko menyebutnya sebagai matchmaking. Seekmi memiliki matchamaking engine yang dapat menghubungkan penyedia jasa dan pencari jasa, sesuai dengan kata kunci jasa yang dipilih. Ketika konsumen memilih jasa tertentu secara otomatis, Seekmi akan memberikan rekomendasi sesuai dengan job request yang diminta.

“Penyedia jasa akan mendapatkan notifikasi ketika ada pekerjaan masuk, kemudian penyedia jasa bebas untuk menerima atau menolak proyek dari konsumen. Ketika penyedia jasa menerimanya, maka penyedia jasa dapat langsung memberikan penawaran kepada konsumen, bertukar kontak, dan komunikasi melalui platform Seekmi,” kata Nayoko.

Melihat prospek marketplace jasa, alias ‘mak comblang’ antara mereka yang membutuhkan jasa dan penyedia jasa, serta┬áseluruh masa depan industri digital Indonesia, Nayoko mengaku optimistis. “Tercatat di tahun 2014 ada 72 juta pengguna internet di Indonesia, dengan 62 juta di antaranya aktif menggunakan mobile internet melalui ponsel┬ámereka. Total market size industri lokal di Indonesia ada sekitar 4-5 miliar dolar Amerika. Berdasarkan hal tersebut Seekmi optimistis dapat terus tumbuh,” kata Nayoko. (DI)

Comments

  1. Kami METRO PROPERTI BALIKPAPAN, Melayani permintaan jasa desain, bangun dan renovasi rumah, ruko, gedung, workshop, kantor, gudang, dll

    Informasi lebih lanjut mengenai layanan jasa kami anda bisa hubungi kami lewat email : metroproperti74@gmail.com. Cc : ke email :pgt.bpn@gmail.com. Telp : 0542-8512815 Hp : 0853 9149

    Gratis survey dan konsultasi
    KEPUASAN ANDA TUJUAN KAMI

    METRO PROPERTI BALIKPAPAN
    Jasa Desain, Bangun & Renovasi Rumah
    http://www.metroproperti.co.id