Menjadi pebinis berarti harus siap mengelola risiko. Orang bilang bisnis itu bisa untung, bisa juga rugi. Agar kamu tak mengalami kerugian di tengah kondisi bisnis yang sulit, terus berinovasi. Salah satunya berpromosi dengan strategi bisnis kreatif. Caranya? Yuk simak.

Dalam berbisnis, kita dituntut untuk terus menyempurnakan usaha dengan berbagai inovasi serta daya kreativitas tinggi. Terlebih saat ini, tingkat persaingan pasar yang semakin hari semakin pesat. Di sisi lain kondisi ekonomi global pun terasa melambat.

Salah satu langkah utama yaitu, bagaimana melakukan promosi dengan strategi bisnis  kreatif agar selalu unggul dalam bersaing serta memperebutkan pasar.

Bila strategi yang kamu gunakan tak jauh berbeda dengan strategi promosi yang digunakan para pesaing, maka tidak menutup kemungkinan bila kegiatan promosi tersebut tak memberi dampak penjualan tinggi – malah sebaliknya justru menimbulkan biaya tambahan. Alhasil risiko kerugian tidak bisa terhindarkan.

Menghindari kondisi tersebut, berikut 8 strategi bisnis kreatif yang dapat kamu jalankan untuk meraih keberhasilan bisnis. Apa saja? Simak ulasannya.

1. Amati produk pesaing, lalu berikan nilai lebih 1 tingkat

Via Ibuzahra.blogspot.co.id
Via Ibuzahra.blogspot.co.id

Saat kamu bersaing di dalam pasar yang cukup kompetitif, maka diferensiasi produk harus kamu lakukan. Jadikan produk kamu berbeda dengan produk sejenis yang ada di pasaran. Bagaimana caranya?

Rahasianya kamu cukup memberikan 1 nilai yang unik saja pada produk kamu, yang khas, eksklusif dan belum pernah ada. Dapat dipastikan produk kamu akan laku di pasaran.

2. Low budget, high impact dengan pemasaran melalui media sosial

Via Laruno.com
Via Laruno.com

Era digital saat ini menerapkan strategi beriklan tak lagi mahal seperti dulu, sudah ada pilihan untuk beriklan di media sosial yang relatif murah dan terukur. Beberapa di antaranya dengan Facebook Ads, Twitter Ads, Instagram Ads dan Google Adwords.

Selain itu, jika kamu berhasil menarik perhatian pengguna social media, maka iklan atau campaign yang kamu lakukan bisa menjadi viral, dan itu bagus untuk menopang kesuksesan  pemasaran produk.

Baca halaman selanjutnya: Beri produk gratis sebagai tasty…