7. Buat varian produk yang terkait satu sama lain

Via Google.com
Via Google.com

Melihat contoh strategi bisnis Google, poin ini dapat ditambahkan. Dengan bejibun produk mulai dari Google Plus, Adsense, Maps, Search Engine, Digital Books, Wallet dan banyak lagi, Google melebarkan varian produknya. Hebatnya semua bisa diakses hanya dengan satu akun Google.

Contoh strategi lainnya dapat kita lihat dari cara Facebook mengakuisisi startup-startup unggulan, mulai dari Whatsapp hingga Instagram. Kini, kita bisa beriklan di Instagram di Facebook.

 

8. Lakukan Guerilla Promotion

Via Munamaku20.blogspot,.com
Via Munamaku20.blogspot,.com

Apa itu Guerilla Promotion? Singkatnya promosi konvensional menggunakan stiker atau poster, spanduk, baliho hingga umbul-umbul. Beberapa orang berkata cara berpromosi seperti ini sudah usang, jangan salah, beberapa target market melihat ini sebagai promosi yang valid.

Ya, dengan strategi ini calon pembeli akan mengetahui benar-benar bahwa produk memang benar ada bukan sembarang dipromosikan lewat digital banner di social-media.

Itu tadi 10 contoh strategi bisnis yang bisa kamu terapkan di bisnis rintisan kamu. Kesepuluh contoh tadi tentu bukan jadi jaminan produk kamu laku di pasaran.

Tetap diperlukan kejelian seorang pebisnis serta perkuat dengan riset pasar mendalam agar semua itu bisa berjalan dengan baik. (NA/NH)