Sudah mulai merasa penat dan jenuh dengan aktivitas harian? Atau kamu mulai tak menikmati tugas dan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabmu? Boleh jadi, ini saatnya kamu memanfaatkan waktu untuk berlibur.

Berlibur memang sudah menjadi kebutuhan bagi tiap orang. Dengan berlibur kamu akan memperoleh keseimbangan jiwa dan kesegaran jasmani.

Via Unopapua.com
Via Unopapua.com

Berlibur dan keluar dari kesibukan yang mendera, boleh jadi akan meluruhkan ketegangan serta membangkitkan semangat baru lagi saat bekerja dan menjalani hidup. Alhasil kinerja dan produktivitas kerja kamu pun dapat meningkat.

Melihat pentingnya berlibur, tak ada salahnya kamu menyusun rencana untuk liburan. Hal ini agar liburan yang kamu ambil tetap nyaman, berkesan serta tanpa stres.

Berikut tahapan untuk membuat perencanaan keuangan liburan yang Hitsss rangkum untuk kamu. Yuk disimak.
1. Tentukan destinasi wisata

Via Pandjiharsato.com
Via Pandjiharsato.com

Kamu harus menentukan tujuan wisata yang akan dikunjungi, kapan dan berapa lama akan menghabiskan waktu di sana.

Tujuan wisata ini boleh hanya satu kota. Bisa juga, rencana liburan kamu sekaligus berkunjung ke beberapa kota dan sejumlah negara.

Kalau tujuan wisata kamu kota-kota di Indonesia, mungkin lebih mudah.

Namun bila destinasi wisata kota – kota di luar negeri, tentu ada komponen biaya khusus yang harus dipersiapkan, seperti biaya mengurus paspor dan visa jika berkunjung ke negara-negara yang belum bebas visa.

Belum lagi kamu juga harus menghitung fluktuasi nilai mata uang. Mungkin biaya – biaya tersebut tak besar, namun ada baiknya tetap memasukkan komponen tersebut dalam perencanaan keuangan liburan.

Baca halaman selanjutnya: Jangka waktu berlibur…