Inilah sosok 4 komika yang ternama di Indonesia dan sukses merambah dunia sinematografi. Karya, ide dan gagasan kreatif mereka, mampu memberi warna pada industri film komedi di tanah air. Siapa saja? Berikut ulasannya.

Komika adalah sebutan untuk orang yang berprofesi membawakan Stand up Comedy (komedi tunggal). Sejak enam tahun terakhir ini, komika kian populer dan diminati kalangan muda.

Muncul pula komika-komika berprestasi di Indonesia. Namun, saat ini para komika tersebut bukan hanya sebatas melawak saja, mereka ramai-ramai terjun ke industri film Indonesia. Tak hanya sebagai pemain utama, tapi penulis skenario bahkan sutradara.

Berikut sosok komika ternama di tanah air yang sukses menjajal peruntungan di industri film tanah air. Yuk simak ulasannya.

1. Raditya Dika

Raditya Dika sosok komika ternama Indonesia. Dika – sapaan akrabnya – dikenal selain sebagai penulis skenario,  pemeran utama, juga dipercaya sebagai sutradara film.

Via Batampos.co.id
Via Batampos.co.id

Film yang dibuat Dika umumnya berangkat dari ragam buku karyanya sebut saja,  Koala kumal, Kambing Jantan, Cinta Brontosaurus, Babi Ngesot, Marmut Merah Jambu, Manusia Setengah Salmon, Single, dan yang terakhir ada Hangout yang baru rilis di bioskop pada 28 Desember 2016 lalu.

2. Ernest Prakasa

cek-toko
Via Kompas.com

Lelaki kelahiran Jakarta 29 Januari 1982 ini dikenal memiliki segudang bakat yaitu sebagai komika, aktor, penulis, MC bahkan kini menjadi sutradara.

Ragam karya kreatif Ernest Prakasa yang sudah masuk ke ranah perfilman antara lain Ngetawain Hidup ala Ernest (2014),  Ngenest yang rilis tahun 2015 dan Cek Toko Sebelah yang dirilis pada 28 Desember 2016 lalu.

Khusus dalam film Cek Toko Sebelah, Ernest ayah dua anak ini, selain sebagai berperan sebagai aktor, penulis naskah, juga dipercaya sebagai sutradara.

Baca halaman berikutnya: Kemal Palevi…