3. Kemal Palevi

 

Via Smeaker.com
Via Smeaker.com

Perjalanan karier Kemal Palevi di dunia komika atau pelawak tunggal berawal dari kesuksesannya meraih juara 3 Stand Up Comedy Indonesia Kompas TV musim kedua pada 2012.

Tak puas menjadi komedian, lelaki kelahiran Samarinda, 25 agustus 1989 ini, juga dikenal sebagai penulis buku. Salah satu karya kreatifnya yaitu Tak Kemal Maka Tak Sayang yang juga sukses di jadikan film.

Dalam film Tak Kemal Maka Tak Sayang, Kemal aktif sebagai penulis cerita, penata skrip dan pemain film. Lalu, pada 2015 ia berhasil menjadi sutradara dan penata skrip film Youtubers. Lanjut di 2016, ia sukses menjadi sutradara dan penata skrip dari film Abdullah dan Takeshi.

4. Pandji Pragiwaksono

Via Gohitz.com
Via Gohitz.com

Pria yang lahir di Singapura pada 18 Juni 1979 ini, telah memakan asam garam dunia hiburan Indonesia.

Penyiar radio adalah profesi pertama Pandji dalam menggeluti entertainment. Selepas menjadi penyiar, suami Gamila ini memandu acara reality show dan juga pernah menjadi pemandu siaran NBA.

Pandji juga dikenal sebagai pelawak tunggal Indonesia alias komika yang mengawali kariernya pada 2010. Ia juga pencetus gagasan adanya kompetisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) di Kompas TV.

Pandji tidak mengikuti jejak teman-temannya sebagai sutradara. Ia lebih tertarik menjadi penulis skenario dan aktor film.

Karya kreatif Pandji di antaranya Merdeka Dalam bercanda, Nasional.Is.Me, How I Sold 1000 CDs in 30 Days, Menghargai Gratisan, Berani Mengubah, Indiepreneur,  Menemukan Indonesia.

Pandji juga menjadi pemain film utama di antaranya Make Money, Comic 8, Marmut Merah Jambu, Dibalik 98, Youtubers, Comic 8, Casino Kings, Single, Rudy Habibie.

“Masa muda harus diisi dengan semangat kreatif untuk berkarya,” itulah visi hidup Pandji yang membawanya kepada kesuksesan.¬† (NA/NH)

 

.