Bulan Desember 2016 tak sepi dengan agenda acara dunia kewirausahaan dan startup untuk kamu yang haus ilmu. Apa saja acara-acara menariknya?

Menginjak akhir November 2016, mungkin kamu sudah mulai siap-siap menghadiri acara-acara menarik di Desember 2016. Dan di penghujung tahun ini, tak sepi dengan agenda dunia kewirausahaan dan startup, untuk kamu yang haus menambah ilmu. Lalu apa saja acara-acaranya? Simak pilihan Hitsss berikut. Jangan lupa catat tanggalnya, ya!

1. Kamis, 1 Desember 2016

Acara: Empowering End-to-End Retail Solution, Commerce Everyewhere

Status: Gratis

Pengunjung: Umum

Waktu: 9.30 – 12.30 WIB

Lokasi: The Sultan Hotel, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat

Di seminar yang diselenggarakan oleh PT. Tectura Indonesia ini akan membahas tentang mengembangkan dan memfasilitasi pertumbuhan ecommerce dengan merangkul mobile ecommerce. Maju dari kompetisi, mendorong nilai lebih bagi pelanggan dan bersiap-siap untuk potensi pasar yang besar.

2. Jumat, 2 Desember 2016

Acara: GrowthCLUB

Status: Gratis

Pengunjung: Umum

Waktu: 8.30 – 18.00 WIB

Lokasi: The Bellezza Suites, Albergo Tower Ballroom, Jl. Arteri Panjang Permata Hijau No. 34, Kebayoran Lama, Jakarta 12210

Pada seminar yang diselenggarakan Action COACH South Jakarta ini akan membahas tentang langkah-langkah bisnis kamu untuk sukses dalam waktu singkat, yaitu 90 hari saja!

3. Sabtu, 3 Desember 2016

Acara: How to Systemize Your Business, Make Money with Less Effort in the Most Difficult situation 

Status: Gratis

Pengunjung: Umum

Waktu: 7.00 – 17.00 WIB

Lokasi: Sofyan Inn Tebet, Jalan Prof. Dr. Supomo, Tebet, Jakarta Selatan

Digelar oleh SpiritualPreneurship Institute, acara ini membahas tentang bagaimana mensistemasikan bisnis startup, dengan modal yang sedikit dan bagaimana bertahan pada bisnis startup yang sedang kamu bangun.

4. Minggu, 4 Desember 2016

Acara: Ecommerce Next 2017

Status: Gratis

Pengunjung: Umum

Waktu: 14.00 – 17.00 WIB

Lokasi: The Bellagio Mall, Jl. Mega Kuningan Barat, Setia Budi, Jakarta 12950

Seminar kali ini membahas tentang strategi untuk mendominasi pasar ecommerce dengan memanfaatkan ‘super computer’ paling dahsyat yang ada di tangan kita, yaitu ponsel. Dan apa rahasia meraih keuntungan lebih dari 1000 %, dengan ecommerce siap pakai yang berskala internasional walaupun kamu belum berbisnis. Dan kamu akan mendapatkan resep canggih dalam berbisnis ecommerce dengan menggunakan media sosial.

5. Rabu, 7 Desember 2016 dan Selasa, 13 Desember 2016

Acara: Socmedpreneur

Status: Gratis

Pengunjung: Umum

Waktu: 7 Desember 2016 (13.00 WIB), 13 Desember 2016 (17.00 WIB)

Lokasi: Upperroom Jakarta, Annex Building Lt. 11, Komplek Wisma Nusantara, Jl. M.H Thamrin Kav. 59, Jakarta Pusat, 10350

Di seminar ini akan membahas tentang meningkatkan strategi penjualan, bagi para pengusaha berbasis online. Seminar bertemakan “Socmedpreneur” ini untuk memberikan edukasi kepada pengusaha-pengusaha muda yang memiliki produk terbaik mereka, untuk mendapatkan cara terbaik memproduksi dan memasarkan produk yang mereka tawarkan kepada konsumen, khususnya memasarkan produk mereka melalui jejaring sosial.

6. Rabu, 7 Desember 2016

Acara: Startup Talk: Building Business Model Canvas

Status: Gratis

Pengunjung: Umum

Waktu: 19.00 – 21.00 WIB

Lokasi: Purwadhika IT Entrepreneur School, Menara Top Food Lt. 6, Jl. Jalur Sutera Barat 3, Tangerang, 15325

Pada seminar ini, membahas bagaimana mengembangkan bisnis baru atau yang sudah ada, dan apa saja alat yang dibutuhkan untuk menjelajahi ide bisnis kamu, sehingga dapat mencapai tujuan bisnis yang kamu harapkan. Pada sesi ini, kamu juga bisa belajar bagaimana membangun model bisnis canvas dengan ahlinya.

7. Selasa – Kamis, 13-15 Desember 2016

Acara: DBS FinTech Hackaton 2016

Status: Gratis (mendaftar di sini)

Pengunjung: Umum (kalangan startup, khususnya bidang ecommerce atau fintech)

Pukul: 9.00-17.00 WIB

Lokasi: DBS Bank Tower, Ciputra World 1, Lobby Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio, Kav. 3-5, Ciputra World Jakarta 1, Jakarta Selatan

Setahun sudah FinTech Indonesia berdiri sejak September 2015 sebagai asosiasi yang
menaungi perusahaan teknologi finansial di negeri ini. Per Oktober 2016 juga terdata
kurang lebih 100 startup fintech telah berdiri di Indonesia. Padahal beberapa bulan
sebelumnya startup fintech masih kurang dari 70 startup.

Adapun kategori startup fintech yang sudah beredar di Indonesia bisa dikategorikan ke
dalam beberapa kelompok, antara lain pembayaran (payment), marketplace, peer-to-peer
landing, dan uang elektronik. Masih banyak peluang kreasi dan inovasi dalam layanan fintech yang bisa dielaborasi.

Oleh karena itu, program tahunan DBS Fintech Hackathon 2016 ini hadir untuk merangsang ide-ide baru dalam memberikan solusi mengenai fintech di negeri ini dengan melibatkan peserta dari internal bank DBS, serta bermitra dengan pelaku startup agar lebih mengembangkan wawasan serta lebih meresapi dunia profesi yang tengah digelutinya.

8. Kamis, 15 Desember 2016

Acara: Become a Business Owner

Status: Bayar

Pengunjung: Umum

Pukul: 14.00-17.00 WIB

Lokasi: Universitas Indonesia

Khusus untuk kamu mahasiswa, wajib datang ke seminar yang diadakan oleh Yayasan Salemba Studi Group ini. Karena di sini kamu akan banyak sekali mendapatkan pelajaran seputar menjadi pemilik bisnis.

Pada seminar ini, akan dibahas fundamental kewirausahaan, membuat rencana bisnis, menyiapkan bisnis sebagai badan hukum, raising startup capitalessentials keuangan untuk usaha kecil, bagaimana memulai bisnis dengan keluarga dan teman, dan bagaimana menyeimbangkan kerja dan kehidupan. (NA/DI)