Sebuah keberhasilan usaha, berawal dari perencanaan bisnis (business plan) yang detil dan lengkap serta diwujudkan secara bertahap. Pertanyaannya, bagaimana membuat business plan yang baik? Berikut 6 langkah yang wajib kamu lakukan.

Bagi kamu para pebisnis atau pelaku startup, tentu sering mendengar tentang istilah business plan (perencanaan bisnis).

Busines plan merupakan catatan tertulis yang dibuat perusahaan atau seorang pegiat startup yang berisi tentang rencana baik bidang pemasaran, perencanaan sumber daya manusia, bahan baku, modal dan segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang usaha yang akan dijalankan tersebut.

Dengan demikian keberadaan business plan sangat penting antara lain, karena membuat kamu fokus pada tujuan kemajuan perusahaan, siap menghadapi persaingan bisnis dan ke depan sukses meraih modal atau pendanaan dari para investor.

Bagaimana membuat business plan yang baik? Berikut 6 langkah yang wajib kamu lakukan dalam merancang sebuah business plan yang baik. Yuk simak.

1. Langkah persiapan

88Sebelum merancang business plan, kamu harus paham setiap alasan dari tindakan yang dilakukan. Produk seperti apa yang kamu buat, mengapa kamu memilih produk tersebut? Siapa target konsumen atau pelanggan yang dibidik? Bagaimana cara mendistribusikannya?

Selanjutnya, berapa banyak dana yang kamu butuhkan serta bagaimana membuat bisnis tersebut meraih keuntungan? Jabarkan secara detil mulai dari ide dan gagasan bisnis, pelaksanaan dan pengembangan bisnis ke depannya.

2. Ringkasan business plan

via freepik.com
via freepik.com

Buat ringkasan singkat dari mulai deskripsi secara umum, momen peluncuran usaha serta nilai keunikan, keunggulan dan inovasi bisnis yang dibangun. Di sisi lain tetap memperhatikan kondisi lingkungan global serta pengembangan kelanjutan  bisnis yang kamu inginkan.

Intinya, orang yang membaca akan mengerti langsung tahapan-tahapan penting perencanaan usaha kamu.

Baca halaman selanjutnya: Deskripsi bisnis…