Jaringan media sosial saat ini telah diakui sebagai salah satu cara ampuh untuk meningkatkan promosi dan penjualan bisnis. Namun untuk hasil efektif dan maksimal diperlukan strategi komunikasi khusus dengan konsumen (audience). Apa saja? Hitsss mengulasnya untuk kamu.

Dalam berbagai studi yang dilakukan Kementerian Komunikasi dan Informasi RI tercatat, sekitar 75 persen sektor Usaha Kecil Menengah (UKM), telah memanfaatkan jaringan media sosial guna memperlancar usahanya.

Hal ini kian tergambar jelas, saat kamu bisa menemukan banyak produsen atau sales yang memasarkan produknya lewat Facebook, Instagram dan sebagainya. Sejumlah foto berisi contoh gambar produk dan daftar harga banyak terpampang di media sosial tersebut.

Namun demikian, bagi kamu yang ingin berbisnis lewat media sosial dengan efektif dan maksimal diperlukan strategi komunikasi khusus serta cara terbaik menggunakannya. Apa saja? Yuk simak ulasannya.
1. Mengenalkan dan meyakinkan keunggulan produk

via pexels.com
via pexels.com

Dalam mempromosikan produk yang ingin kamu pasarkan, harus mengenalkan pada konsumen berangkat dari sejumlah keunggulan produk yang dimiliki.

Namun semuanya, tidak dengan bualan kosong, pastikan konsumen mempercayainya berdasarkan data dan fakta yang kamu angkat dan suguhkan.

Buat promosi yang bersifat soft sell agar para konsumen mendapat info bermanfaat, berdasarkan kekuatan data yang telah teruji. Pastikan audience mendapatkan kebenaran informasi, kesungguhan kamu akan produk yang kamu miliki serta keseriusanmu dalam berbisnis.

2. Menciptakan keakraban

via pexels.com
via pexels.com

Dalam berbisnis  melalui jaringan media sosial, ciptakan dulu kedekatan serta  keakraban dengan konsumen atau audience.

Pastikan kamu menanggapi semua pertanyaan yang berhubungan dengan produkmu, dan menjelaskannya dengan gaya komunikasi hangat dan ramah.

Setiap orang menyukai keramahan, Jangan sampai membuat konsumenmu merasa kecewa pada tanggapanmu yang kaku, tertutup dan selalu ingin menggurui pembaca.

Jaga selalu hubungan harmonis dengan terus menjalin komunikasi, baik melalui postingan ataupun personal massage. Sehingga pada gilirannya akan menambah keakraban sehingga terciptanya hubungan yang baik, positif dan lebih luas di bagian bisnis.

Baca halaman selanjutnya: Menjamin keaslian…