Generasi millenial saat ini mulai mendominasi dunia tenaga kerja. Kultur mereka yang sangat sosial, aktif dan menjadi bagian dari sebuah komunitas memberi warna tersendiri bagi perusahaan. Bagaimana menangani mereka? Yuk simak ulasannya.

Secara sederhana, generasi millenial adalah mereka yang lahir dalam rentang tahun 1982 hingga 2000. Saat ini kalangan millenial telah mendominasi bursa tenaga kerja hampir di semua sektor. Dalam data BPS tahun 2015, ada 44,5 juta pekerja millenial yang terjun di dunia kerja.

Tentunya banyak manfaat  bagi perusahaan rintisan (startup) jika memperkerjakan kalangan millenial sebagai pegawai, di antaranya adalah memiliki ide kreatif yang fresh, peka dengan teknologi, haus akan ilmu pengetahuan dan tentunya memiliki semangat yang tinggi  bekerja.

Untuk memotivasi kalangan millenial membutuhkan trik dan kiat tertentu. Hal ini perlu dilakukan untuk menciptakan pegawai yang loyal dan bersedia tumbuh bersama perusahaan. Berikut 4 cara terbaik menangani pegawai millenial. Yuk simak ulasannya.

1. Peningkatan karier

Via Karirspad.com
Via Karirspad.com

Jiwa muda dan haus tantangan merupakan ciri khas dari pekerja millenial, untuk kamu sebagai pemilik startup atau pimpinan perusahaan wajib untuk mencermati tingkah laku serta minat dari pegawai, terutama yang berasal dari kalangan millenial.

Penting bagi mereka untuk bisa mendapatkan kepastian akan peningkatan karier, peluang serta kesempatan menduduki posisi penting di dalam perusahaan.

Jika ekpektasi mereka tak tercapai, kemungkinan terbesar yang selanjutnya dilakukan adalah pindah bekerja di perusahaan lain.

2. Hubungan kerja yang positif

Via Freepik.com
Via Freepik.com

Kalangan millenial menyukai bekerja bersama rekan kerja dan menghabiskan waktu bersama rekan kerja di kantor. Untuk itu menjadi penting bagi perusahaan untuk bisa menciptakan hubungan kerja yang positif di antara anggota tim.

Beberapa cara yang bisa dilakukan seperti melakukan pertemuan secara rutin – baik formal maupun informal di luar kantor –  guna membangun kerjasama serta menciptakan hubungan yang baik.

Baca halaman selanjutnya: Visi dan misi yang jelas…