Ketika ingin membuka bisnis, yang terbersit pertama kali dalam pikiran yaitu bagaimana cara mendapatkan modal? Ada banyak alternatif pendanaan  yang bisa kamu dapatkan bagi perusahaan rintisanmu (startup).  Hitsss merangkumnya.

Sebenarnya banyak orang yang memiliki ide bisnis cemerlang yang bisa dikembangkan melalui bisnis startup atau perusahaan rintisan. Cuma, sayangnya tak semua orang tersebut beruntung bisa mendapat kesempatan mengembangkan idenya.

Salah satu kendala yang kerap dialami oleh orang yang ingin mulai berbisnis, termasuk startup adalah masalah dana. Masalah ini juga kerap menghampiri saat startup atau perusahaan rintisanmu ingin melakukan ekspansi atau pengembangan usaha.

Sebenarnya, ada beberapa alternatif mencari pendanaan bagi pelaku bisnis, baik yang baru memulai atau yang ingin mengembangkan bisnisnya.  Berikut 5 cara kreatif Untuk mendapatkan modal bisnis. Apa saja? Yuk simak bareng-bareng.

1.Tabungan atau dana sendiri

Via Redaksi.co.id
Via Redaksi.co.id

Memanfaatkan tabungan atau dana sendiri tentu merupakan salah satu andalan modal berbisnis.

Namun tentunya, jangan semua dana yang ada dipertaruhkan untuk usaha atau pengembangan bisnismu.

Kamu harus tetap memiliki dana cadangan, yang tentunya bermanfaat untuk menghadapi kondisi situasi bisnis yang buruk atau berjalan tak sesuai harapan.

2. Jual potensi yang kamu miliki

Via Jokosusilo.com
Via Jokosusilo.com

Sadari potensi apa yang kamu miliki. Ketika kamu mengetahui itu semua, maka kamu akan mudah untuk mendapatkan modal usaha.

Sebagai contoh, kamu pandai bergaul, banyak koneksi, pandai berbicara, di sisi lain ada orang yang mempunyai produk atau layanan yang bagus tapi tidak bisa menjual produk, maka kamu bisa masuk menjual potensi kamu tersebut. Dan di situlah modal bisa kamu dapatkan.

Baca halaman berikutnya: Cari investor untuk kerjasama dan bagi hasil…