Bosan dengan paket liburan yang begitu-begitu saja, dan membutuhkan variasi wisata berlibur? KartuPos yang digawangi oleh Kenny Santana menyajikan beragam paket travelling yang asyik dan seru.

Bagi kamu yang gemar travelling, boleh jadi tidak asing lagi dengan sosok Kenny Santana. Dialah sosok di balik akun media sosial yang membahas soal travelling, @KartuPos. Kenny tentu bukan satu-satunya orang yang doyan travelling, pastinya kamu juga. Namun berbeda dengan traveller lain, Kenny tidak berhenti sekadar jalan-jalan untuk memenuhi kesenangan dirinya sendiri, namun ia juga menginspirasi publik untuk melakukan lebih banyak travelling untuk memperkaya jiwa dan hidup.

Semua diawali ketika Kenny meninggalkan pekerjaannya sebagai pegawai di perusahaan sinema dan media setelah tujuh tahun bekerja full-time, dan mulai mengejar dan menekuni dunia travelling yang menjadi passion-nya. Kisah travelling-nya itu ia kemukakan di akun Twitter-nya, yang kemudian menuai beragam tanggapan dan harapan dari pengikut Twitter-nya, mengenai impian mereka yang juga ingin untuk travelling tempat-tempat wisata di dunia.

Di akun @KartuPos, Kenny giat ‘mengumbar’ diskon-diskon menggiurkan, mulai dari tiket pesawat, voucher hotel, hingga promo liburan. Tentu saja Kenny juga berbagi cerita mengenai perjalannya ke tempat-tempat wisata dunia, berita menarik seputar travelling, serta tip berlibur. Hingga kini akun Twitter @KartuPos telah memiliki lebih dari 60 ribu pengikut. Kenny juga rajin memamerkan dokumentasi travelling-nya melalui akun Instagram @KartuPosInsta yang sudah diikuti lebih dari 12 ribu pengikut.

Kenny yang bulan Februari 2015 lalu baru meluncurkan situs www.kartupos.co.id ini, ingin sekali mewujudkan harapan orang-orang yang ingin melakukan travelling ke berbagai tempat namun memiliki kendala, terutama dari segi biaya. Bagaimana kisah Kenny mengelola KartuPos? Yuk, simak wawancara Hitsss dengannya!

Halaman depan situs KartuPos (Dok. KartuPos)
Halaman depan situs KartuPos (Dok. KartuPos)

Hitsss (H): Bagaimana bisa memutuskan berhenti bekerja dan memilih full time menekuni travelling?

Kenny Santana (KS): Tepatnya saya kerja dulu selama bertahun-tahun, untuk kemudian memantapkan diri secara bekerja lepas di dunia travelling. Biaya travelling saat kerja lepas itu berasal dari tabungan selama tujuh tahun, tapi sebagian besar dari bisnis yang berjalan saat ini. Biaya yang saya peroleh, saya putarkan lagi untuk travelling lain.

H: Ada pertimbangan tertentu mengapa memakai nama ‘KartuPos’?

KS: Kartu pos dalam bentuk fisik selalu dikirim saat traveling. Maka saya ingin dengan nama KartuPos, orang-orang akan selalu ingat dengan travelling.

H: Apa yang mendorong Kenny membawa hobi travelling ini menjadi sebuah bisnis?

KS: Sebenarnya tidak sengaja, awalnya hanya untuk berbagi cerita kegemaran travelling saya kepada para pengikut di Twitter atau teman-teman saya. Ternyata paket-paket perjalanan yang biasanya saya bikin untuk travelling, memiliki banyak peminat yang juga ingin travelling dengan paket tersebut.

H: Apakah ada orang lain atau tim yang membantu Kenny menjalankannya?

KS: Sampai saat ini masih saya jalani sendiri. Mungkin bisa berubah di kemudian hari tergantung kebutuhan.

H: Bagaimana Kenny mengumpulkan modal untuk menjalankan bisnis ini?

KS: Pemesanan yang diperlukan dalam paket-paket tersebut dilakukan, setelah peserta melakukan pembayaran. Saya lebih sering tidak memandu mereka secara langsung. Sebelum melakukan perjalanan tertentu, saya memberikan penjelasan terperinci mengenai perjalanan yang akan mereka lakukan. Saya tidak terlalu banyak membutuhkan modal. Modal hanya terpakai untuk sistem cicilan dan ditanggung oleh KartuPos terlebih dahulu.

This slideshow requires JavaScript.

H: Pihak-pihak mana saja yang pernah atau sedang bekerjasama dengan KartuPos? Bagaimana bentuk kerjasamanya?

KS: Banyak yang sudah bekerjasama dengan KartuPos dari maskapai penerbangan, hotel, hingga tourism board. Bentuk kerjasamanya berbeda-beda tergantung kebutuhan kedua belah pihak.

H: Apakah sudah ada investor yang tertarik dengan bisnis yang dilaksanakan KartuPos?

KS: Sejauh ini belum ada investor, kerjasama biasanya dilakukan dengan klien atau sponsor untuk perjalanan atau kontes, serta promosi produk mereka.

H: Bagaimana Kenny menentukan perjalanan mana yang akan dibuka untuk publik?

KS: Biasanya perjalanan diadakan berdasarkan acara yang sedang digemari. Bisa juga berdasarkan perjalanan yang pernah aku jalani sendiri, sehingga saya membukanya lagi berdasarkan pengalaman yang pernah saya jalani. Sebab ada beberapa perjalanan yang memiliki banyak peminat, sehingga banyak permintaan untuk diadakan lagi.

H: Bagaimana Kenny meningkatkan atau menarik massa dalam menjalankan bisnis ini?

KS : Lewat media sosial saja sebenarnya. Kalau ada pelanggan puas, biasanya mereka akan merekomendasikan KartuPos ke teman atau kerabat mereka.

H: Bagaimana Kenny hasilkan uang dari bisnis ini?

KS: Selain membuat paket-paket perjalanan, saya juga kerap mendapat pekerjaan buzzing dari sponsor. Saya juga masih menulis artikel wisata untuk berbagai media.

H: Ceritakan perjalanan bersama peserta yang paling favorit dan berkesan?

KS: Islandia, New York, dan konser-konser di Singapura selalu ramai diikuti peserta. Seru dan berkesan!

H: Apakah dalam menjalankan bisnis ini Kenny pernah mengalami kendala besar? Bagaimana Kenny mengatasinya?

KS: Belum pernah ada kendala besar yang berarti. Kendala kecil seperti kehabisan tiket konser untuk perjalanan pasti pernah terjadi, tapi semua dapat diatasi dengan baik.

H: Rencana ke depan bersama KartuPos?

KS: Tetap terus melakukan inovasi baru di kemudian hari tanpa jadi monoton di situ-situ saja. Terus melihat perkembangan dunia travelling ke depannya. (KA)