Bukalapak untuk pertama kalinya mengadakan kopi darat (kopdar) akbar bagi komunitas Pelapak Bukalapak melalui rangkaian seminar dan workshop. Semua itu untuk mendukung kemajuan para UKM di Indonesia.

Bisnis online di Indonesia kian berkembang. Tentunya, banyak sekali yang membuka usaha dari sebuah smartphone atau sebuah laptop. Bukalapak memberikan ruang bagi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Indonesia untuk menjual produk mereka dan memasarkannya via digital. Cara ini memberikan dampak positif terhadap perekonomian negara ini.

Via Penulispro.com
Via Penulispro.com

Untuk mendukung terwujudnya ekosistem tersebut, maka diadakan acara kopi darat (kopdar) akbar komunitas Bukalapak. Dengan menggandeng para UKM yang tersebar di Indonesia, diharapkan kegiatan ini bisa menyebarkan virus bisnis digital tersebut. Acara ini diadakan pada 28 November 2016 lalu di Binakarna, Bidakara, Jakarta Selatan.

Pengisi acara dalam seminar ini adalah diantaranya Achmad Zaky (Founder dan CEO Bukalapak), Ahmad Zabadi, SH, MM (Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia), Dr. Nining I Susilo, MA (Founder dan Pembina UKM Center Universitas Indonesia), Muhammad Fikri (Head of Community Management Bukalapak).

Kegiatan Kopdar merupakan tradisi rutin yang dilaksanakan oleh komunitas sebagai forum berbagi dan untuk memperkuat jaringan dan hubungan antar anggota dan Bukalapak, serta meningkatkan kapabilitas dan kapasitas mereka. Kopdar Akbar merupakan acara puncak tahun ini dari kopdar komunitas yang biasanya diadakan di berbagai daerah di Indonesia.

Baca halaman selanjutnya: Membantu pengembangan UKM se-Indonesia..