Beberapa tahun ini, banyak anak muda terpikat mendirikan mendirikan startup di sektor teknologi informasi. Faktanya, jalan itu tidak mudah. Salah satunya, bagaimana menarik para investor untuk menyediakan pendanaan atau modal bagi pengembangan startup ke depan. Berikut kiat yang dapat kamu lakukan.

Semua orang bisa menjadi pengusaha. Lebih lagi di jaman teknologi seperti sekarang ini, jika punya gagasan prospektif, ayo saja bikin bisnis. Siapa tahu bisnis kamu itu bisa membesar seperti Tokopedia atau Gojek.

Bagaimana modalnya? Jangan khawatir saat ini ada banyak investor  atau venture capital yang siap mengucurkan dana untuk perusahaan rintisan kamu, agar dapat berkembang cepat.

Pertanyaannya kini, bagaimana menarik perhatian para investor agar siap memberikan suntikan dana bagi startup kamu? Berikut 5 hal yang harus dilakukan para pebisnis startup, agar investor tertarik, yakin serta siap mengucurkan dananya. Simak ulasannya.

1. Memulai dengan CEO yang cerdas

via pexels.com
via pexels.com

Pentingnya memilih Chief Executive Officer (CEO) yang tepat, adalah strategi awal kesuksesan dalam menarik perhatian para investor. Pasalnya, seorang CEO adalah penangungjawab utama untuk membesarkan bisnis tersebut dengan cepat.

Untuk itu, seorang CEO harus memiliki pandangan luas, cerdas juga tangguh, siap menghadapi berbagai kendala dan tantangan yang akan dihadapi sebuah perusahaan rintisan.

Di sisi lain, seorang CEO juga harus memiliki sebuah visi yang jelas, mengetahui risiko serta arah strategis dalam membesarkan bisnis yang diambil.

2. Membuat presentasi serta target pengembangan jelas

via pexels.com
via pexels.com

Dengan menjelaskan  bagaimana startup akan berjalan, pastikan kamu mengajukan proposal dan menyampaikan  presentasi pada investor mengenai konsep bisnis perusahaan, ide yang memiliki potensi pangsa pasar besar serta tujuan kenapa kamu membutuhkan investor untuk mendanai kemajuan startup.

Startup yang kamu kelola harus mempunyai target keuntungan yang ingin dicapai dengan melihat valuasinya dalam jangka waktu tertentu. Karena Investor datang juga untuk mendapatkan keuntungan, pastikan kamu bisa memberikan model bisnis bagi pengembangan startup.

Baca halaman berikutnya: Menjalin hubungan yang harmonis…