Localbrand.asia menjalin kerja sama dengan sejumlah online channel dan marketplace Indonesia, dan ke depannya direncanakan skala Asia, untuk fasilitasi penjualan brand-brand mode lokal.

Seiring dengan pertumbuhan industri mode Indonesia, brand lokal yang ingin memasarkan produknya pun kian banyak berkembang. Namun kerap kali, brand-brand lokal ini terkendala masalah, seperti inventory management, photo production, warehouseing, product return, dan payment.

Meski demikian, semangat brand-brand ini untuk memasarkan produknya tetap kencang terlihat, terutama melalui jalur online. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh LocalBrand.asia, diperoleh data bahwa sebanyak 83 persen brand telah menyentuh online sebagai sarana penjualannya. 17 %-nya masih nyaman dengan jalur offline atau toko.

83 % brand tersebut telah familiar melakukan penjualan online di beberapa channel sekaligus, seperti misalnya media sosial, webstore sendiri, atau di beberapa marketplace sekaligus. Bahkan terdapat 51 % brand yang telah melakukan penjualan online, pada lebih dari tiga marketplace sekaligus.

Dari hal ini, Sayed Muhammad, selaku Founder dan CEO Localbrand.asia, ingin mencoba memfasilitasi para pemilik brand mode dan perancang busana lokal, mengembangkan bisnis serta memperoleh klien lebih banyak, melalui Localbrand.asia.

Sayed mencoba mengarahkan Localbrand.asia, sebagai mitra strategis untuk brand-brand ritel mode ini dalam berjualan online. Localbrand.asia bekerja sama dengan sejumlah online channel dan marketplace, seperti Matahari Mall, Lazada, Elevania, LYKE, untuk platform penjualannya.

“Kesulitan yang dihadapi para brand untuk berjualan di online, biasanya pada multiple marketplace,” kata Sayed, dalam keterangan pers yang diterima Hitsss. Melalui LocalBrand.asia, Sayed menjanjikan bahwa, brand hanya perlu menyiapkan produk, kemudian LocalBrand.asia yang akan membantu brand untuk berjualan efektif di beberapa pemain besar marketplace di Indonesia, bahkan Asia dalam beberapa bulan ke depan.

Localbrand.asia merupakan bagian dari GnB Accelerator batch pertama, dan juga telah mendapatkan pendanaan dari angel investor, sejak Juni 2016. Merek-merek yang bergabung bersama LocalBrand.asia di antaranya Hippearce, produk aksesori yang digawangi oleh aktris dan model Pevita Pearce.

Selain itu ada pula Erigo, Kotone, dan lainnya. Tak hanya produk mode, LocalBrand.asia kini juga terbuka untuk bekerja sama dengan produk home decor & lifestyle. (MT/DI)