Tak cuma selebriti yang membutuhkannya, ternyata para kreator konten pun kini ramai bergabung di bawah manajemen. Apa sebab dan nilai lebihnya?

Salah satu profesi yang populer di tengah derasnya arus informasi digital yaitu, konten kreator (creator content). Merekalah sosok yang giat merumuskan konten-konten yang fresh, inspiratif, serta juga menghibur bagi para audiens, utamanya para pengguna media sosial.

Seiring berjalannya waktu, para kreator ini pun memiliki spesialisasi dan basis peminatnya masing-masing, yang menguatkan posisi mereka di tengah persaingan yang ketat.

Awalnya profesi tersebut terlihat stand-alone alias independen, perlahan hal tersebut pun mulai bergeser. Banyak kreator konten kini mulai bergabung di bawah manajemen tertentu.

Bila kita mengenal adanya manajemen untuk para artis, ternyata kreator konten pun membutuhkan hal yang sama.

Bergabung dengan manajemen khusus kreator konten ini memang memberi banyak keuntungan, mulai dari kemudahan pengaturan kontrak, pembagian kerja, hingga akses network lebih luas.

Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa nama manajemen khusus kreator konten yang kini tengah berkembang pesat. Apa saja? Yuk simak.

IVG

Via IVG
Via IVG

Berawal dari kesibukan sebagai blogger serta content creator, Benazio Rizki Putra atau yang lebih dikenal sebagai Benakribo pun mendirikan PT Rumah Kreatif IVG bersama Vendryana. Didirikan pada 2012, IVG tak hanya berjalan sebagai content creator management, namun juga untuk komunitas dan media produksi.

Menariknya, IVG diisi para anak muda yang ingin berkontribusi untuk pengembangan industri konten kreatif di Indonesia. Salah satu caranya, melalui komunitas video pendek Indovidgram, yang bertujuan sebagai wadah anak muda menyalurkan kreativitas.

Kamu pun pasti sudah tak asing lagi dengan nama beberapa inisiator komunitas ini, seperti Devina Aureel, Chandra Liow, dan Aulion.

Dapat dikatakan, popularitas Indovidgram pun sudah cukup besar, terbukti dengan jumlah followers mereka yang mencapai angka 2,8 juta di Instagram.

Baca halaman berikutnya: Avenu…