Kemampuan berbicara di depan umum (public speaking) memang menjadi salah satu penunjang keberhasilan seseorang di era global penuh persaingan ini. Bagaimana meningkatkan skill itu? Ini 5 langkah yang dapat kamu lakukan.

Dalam dunia kerja, kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan. Salah satu yang utama adalah kemampuan berbicara di depan umum.  Bagi yang belum terbiasa, bicara di depan umum bisa jadi bukan kesempatan, melainkan siksaan.

Padahal kemampuan berbicara depan umum ini sebetulnya bisa dipelajari dan dilatih. Sepanjang kamu memiliki kemauan serta tekad yang kuat untuk terus berlatih dan berkomunikasi dengan baik.

Berikut lima hal yang harus kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan public speaking. Yuk simak ulasannya.

1. Belajar dari yang Ahli

via forbes
via forbes

Memiliki idola dalam hal keterampilan public speaking, mungkin akan membuat kamu lebih terpacu semangatnya.

Pastikan idola yang kamu pilih adalah ahli dalam komunikasi agar ilmu yang kamu pelajari tidak salah. Kamu harus tahu bagaimana idolamu menyampaikan materinya di depan audience.

Pelajari bagaimana dia menghidupkan suasana agar tak terlihat membosankan, dan yang terpenting kamu harus pancarkan semangat dan antusiasme yang dimiliki. Hal ini penting,  agar para pendengar yang hadir akan terpengaruh dengan pancaran aura semangatmu.

2. Kuasai materi

via djarieschool.com
via djarieschool.com

Saat kamu berbicara pastinya kamu mengerti apa yang kamu utarakan. Kuasai materi yang kamu sampaikan, pelajari secara keseluruhannya. Karena saat audience bertanya dari materi yang kamu paparkan, kamu mampu menjawab pertanyaan dengan cepat, lugas dan  baik.

Saat audience merasa puas dengan apa yang kamu paparkan, maka kamu sudah melakukan sebuah public speaking yang baik.

Baca halaman berikutnya: Sampaikan dengan tidak membaca…