Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak jalan pula menuju liburan hemat, namun tetap menyenangkan. Caranya? Mudah kok, ikuti 5 trik pintar ini. Apa saja? Yuk simak ulasannya.

Kamu ingin liburan, tapi keuangan terbatas, tentu ini menjadi masalah tersendiri. Terlebih kamu sudah berjanji untuk meluangkan waktu berlibur bersama teman atau kerabat dekat. Bagaimana solusinya? Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan. Berikut ulasannya. Yuk simak bareng-bareng.
1.    Survei lokasi

Via Pixabay.com
Via Pixabay.com

Hendaknya kamu survei lokasi lebih dulu, agar dapat lebih mudah mengatur rencana keuangan kamu. Rancanglah secara detil, biaya perjalanan, akomodasi, makanan, trasnportasi serta destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi.

Dalam merancang keuangan saat berlibur – baik pemilihan lokasi, transportasi, hotel dan sebagainya – utamakan kenyamanan dan bukan kemewahan. Asalkan nyaman, semua pasti senang.

Pastikan kamu memiliki ragam alternatif pilihan wisata, yang intinya dapat sesuai dengan kemampuan keuangan kamu. Untuk itu, perluas wawasan dan perbanyak informasi melalui internet, buku-buku wisata, biro perjalanan atau info dari teman dan keluarga.

2.    Bawa uang secukupnya

Via Pexels.com
Via Pexels.com

Pastikan kamu membawa uang tunai secukupnya. Dengan membawa uang tunai, kamu bisa mengatur pengeluaran selama berlibur dan terhindar dari perilaku boros atau foya-foya.

Jangan sampai kamu kehabisan uang saat di perjalanan. Catatlah dan disiplinlah pada anggaran liburan yang telah disusun. Jangan puaskan semua keinginan, tetaplah realistik sesuai kemampuan dana yang ada.

Baca halaman berikutnya: Tiket pesawat murah atau sedang promo…