Ketika kebutuhan akomodasi data dan pengarsipan file semakin banyak, saat itulah kita perlu external harddisk. Ketahui tip berikut sebelum kamu membeli.

Kebutuhan akomodasi data semakin berkembang, seiring dengan semakin cepatnya koneksi Internet yang kita gunakan di masa kini. Jika tak suka streaming, bisa saja setiap harinya kamu mengunduh film atau serial favorit.

Lama kelamaan, data di laptop pun semakin lama semakin penuh, sementara kamu ingin mengarsipkan file tersebut seterusnya. Lalu external harddisk kemudian muncul menyelamatkan modern computing, sehingga pengguna komputer tak lagi pusing memikirkan file yang sudah penuh di laptop atau PC mereka.

Tinggal backup ke external harddisk, laptop atau PC kamu pun bisa bernapas lagi leluasa seperti sedia kala. File pun aman di harddisk yang bisa kamu bawa ke mana saja.

Sayangnya, pengguna komputer terkadang punya keputusan yang salah dalam memilih external harddisk. Beberapa pertimbangan yang semestinya diperhatikan, malah membuat pengalaman menyimpan data jadi tak maksimal.

Untuk itu, sebelum membeli external harddisk untuk mengarsip data-datamu, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal penting ini, seperti rangkuman Hitsss berikut:

1. Kecepatan putaran harddisk di dalamnya

Saat ini, ada dua jenis kecepatan harddisk yang sangat populer, yaitu 5400 rpm dan 7200 rpm. Semakin tinggi angkanya, semakin cepat putaran harddisk-nya saat memproses data.

Jika kecepatan bukan preferensimu, maka membeli yang 5400 rpm pun cukup, lagipula lebih murah. Sebaliknya, jika butuh yang cepat, siap rogoh kocek lebih dalam.

Baca halaman selanjutnya: Teknologi USB, hampir semua laptop atau PC…