Agar developer Indonesia mendapat masukan, aplikasi lokal bisa lebih dikenal dan meningkat kualitasnya, serta berikan informasi pada konsumen, maka platform review aplikasi lokal, Siapp!, diluncurkan.

Industri digital memang punya potensi besar di Indonesia. Sebab, pengguna Internet di Indonesia saat ini, tak kurang dari 93,4 juta. Dan paling banyak berasal dari perangkat ponsel pintar, yang mencapai sekitar 71 juta.

Dengan jumlah pengguna besar, sesungguhnya ini merupakan modal besar bagi Indonesia, untuk mengembangkan bisnis berbasis digital di tanah air. Apalagi berbagai produk digital, yang tak sedikit dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia, ini bisa memecahkan berbagai masalah yang terjadi di keseharian.

Di sisi lain, pemerintah saat ini tengah merumuskan peraturan baru, yang mendukung para developer lokal untuk berkarya. Daam payung aturan bernama Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN), aturan ini mengatur kandungan lokal yang tersedia di dalam ponsel pintar, yang diproduksi dalam negeri.

Dok. Adiyasa/ hitsss.com
Dok. Adiyasa Prahenda / Hitsss.com

Siapp!, platform untuk review aplikasi lokal

Dalam peraturan TKDN, produsen ponsel pintar harus menyertakan satu atau dua aplikasi lokal di dalam produk mereka. Latar belakangnya, ada banyak produk dari developer lokal, dan tidak diketahui seperti apa kualitasnya, dan berapa banyak penggunanya.

Oleh karena itu, Siapp! pun dilahirkan, sebagai sebuah platform untuk review aplikasi lokal. Siapp! diluncurkan bertujuan untuk membantu pembuat aplikasi, agar semakin meningkatkan kualitas.

Siapp! juga hadir untuk membantu aplikasi lokal lebih dikenal publik dengan memberikan review objektif. Para reviewer ini memberikan opini yang bisa dipertanggungjawabkan, serta penilaian komprehensif agar publik mengetahui kelebihan serta kekurangan aplikasi lokal yang mereka amati. Siapp! tidak akan segan  untuk mengkritik, namun konstruktif memberikan saran sesuai keahlian yang dimiliki.

Untuk review-nya sendiri, dilakukan oleh pengguna (user) dan ahli (expert). “Untuk me-review suatu aplikasi, kami memakai reviewer ahli dan pengguna,” kata Firman Nugraha, Chief Editor Siapp!.

Dalam acara peluncuran Siapp! di Conclave, Senin (15/8/2016) lalu, Firman menjelaskan tata cara penilaian suatu aplikasi. Dimulai dari desain, usability dan feature.

Selain itu, Firman juga mengajak pengguna aplikasi tersebut, untuk memberikan penilaian juga, sehingga bukan hanya kalangan ahli saja yang me-review.

“Kami percaya Siapp! bisa memiliki kekuatan untuk tingkatkan manfaat dari gadget tersebut. Bahkan kami sudah jadikan aplikasi yang membantu developer, supaya ditemukan oleh pengguna secara langsung,” tukas Firman.

Baca halaman selanjutnya: Pemilik brand dimudahkan dengan hadirnya Siapp!…