5. Ria ‘Papermoon’, pencipta teater boneka yang diapresiasi sampai internasional

Dok. Ria 'Papermoon'
Dok. Ria ‘Papermoon’

Ketertarikannya di dunia teater, membawa Maria Tri Sulistyani alias Ria, sebagai satu-satunya anak muda Indonesia yang menciptakan teater boneka, bernama Papermoon Puppet Theatre, hingga disaksikan sampai ranah internasional.

Perempuan kelahiran tahun 1981 ini, menghadirkan sebuah pertunjukan boneka yang tak hanya bisa disaksikan oleh anak kecil, tapi juga penonton dewasa, dengan cerita-ceritanya yang ringan dan bersejarah.

Pertunjukan ini mendapatkan apresiasi yang luar biasa di sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, India, Vietnam, Jepang, Korea Selatan, dan Amerika Serikat.

6. Jim Geovedi, si hacker yang disegani dalam dunia teknologi informasi

Via postingan-all.blogspot.co.id
Via postingan-all.blogspot.co.id

Dengan kerja keras, dan semangat belajar secara otodidaknya terhadap komputer dan internet, Jim berhasil menyusup sampai ke ruang obrolan para hacker kelas dunia. Namanya ‘naik daun’ setelah ia berhasil meretas sistem satelit, dan sekarang Jim dikenal sebagai pakar keamanan teknologi informasi.

Kemampuannya ini juga pernah berhasil dipakai KPU untuk mencari tahu pelaku hacker yang meretas sistem pusat perhitungan suara saat pemilu 2004, melalui perusahaan konsultasi teknologi informasi untuk lembaga pemerintahan yang didirikannya. Kini, Jim juga sibuk menjalani kehidupannya sebagai pembicara di berbagai pertemuan yang membahas tentang sistem keamanan.

7. Rio Haryanto, pembalap profesional Formula 1 muda pertama Indonesia

Dok. Rio Haryanto
Dok. Rio Haryanto

Pemuda yang sempat  bergabung dalam ajang GP3 bersama tim Marussia Manor Racing, dan di seri Auto GP bersama tim Driot-Arnoux Motorsport (DAMS) ini, kini tampil memukau dalam ajang balapan bergengsi, Formula 1 musim 2016-2017.

Berbekal pengalamannya menjuarai Go-Kart nasional untuk kelas kadet, lelaki muda kelahiran 1993 ini menjadi wakil Indonesia satu-satunya di ajang Formula 1. Tak hanya itu, melihat kebolehannya, Manor Racing, tim balap F1, resmi mengumumkan Rio Haryanto sebagai pembalapnya untuk 2016 mendampingi Pascal Wehrlein.

Baca halaman selanjutnya: Dougy Mandagi, bintang vokalis band rock indie Australia yang mendunia…