Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI) berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding menggelar Global Mobile Challenge (GMC), sebuah acara kompetisi aplikasi mobile bertaraf internasional yang diikuti lebih dari 20 ribu pemuda profesional dan mahasiswa di enam benua.

Organisasi nirlaba yang bertujuan menggerakkan kewirausahaan di Indonesia, Global Entrepreneurship Program Indonesia (GEPI), berkolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Dicoding, serta beberapa organisasi internasional seperti GSMA, IE, 4YFN, Imtiaz dan The Applied Innovation Institute, menggelar acara Global Mobile Challenge (GMC) 2016.

GMC sendiri adalah kompetisi aplikasi mobile bertaraf internasional, yang diikuti lebih dari 20 ribu pemuda profesional dan mahasiswa di enam benua. Perkembangan GMC ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun 2013 di Timur Tengah. Sampai saat ini sudah terdapat lebih dari 60 negara dengan final regional di Eropa Timur Tengah, Eurasia, Afrika, Asia dan Amerika Latin.

Dok. GEPI
Dok. GEPI

GMC ini digelar sebab sejalan dengan visi dan misi GEPI, yaitu meningkatkan kemajuan ekonomi Indonesia dan kesejahteraan sosial melalui kewirausahaan, juga sebagai sarana untuk membantu startup tahap awal untuk mencapai tahap berkembang, akan menjadi selangkah lebih dekat.

Rangkaian acara GMC sampai ke tahap final dibagi menjadi tiga tahap, yakni tahap Country Semi Final yang diadakan di Jakarta, Indonesia pada 27 November 2016. Pada tahap Country Semi Final, akan dipilih dan diseleksi peserta yang mendaftarkan diri untuk melakukan pitching session di depan para juri.

Kemudian akan dipilih tim terbaik yang akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu Asia-Pacific Regional Final yang diadakan di Singapura. Setelah bersaing untuk memenangkan Asia-Pacific Regional Final, peserta yang lolos akan mengikuti Global Mobile Challenge Grand Final di Barcelona, Spanyol.

Sama seperti tahun sebelumnya, GMC akan mengumpulkan 55 negara untuk berpartisipasi dan lebih dari 1500 aplikasi telah diciptakan di kompetisi ini. Untuk Country Semi Final Asia-Pacific, akan dipilih berbagai kontestan dari 10 negara dengan aplikasi terbaik.

GMC memberikan kriteria utama untuk berkompetisi, yaitu membuat produk aplikasi atau game berbasis mobile. Selain itu, produk sudah harus dipublikasikan melalui Google Play Store dan harus bisa dioperasikan di platform Andorid.

Peserta yang ingin mendaftar kompetisi Global Mobile Challenge Country Semi Final Indonesia, bisa mendaftar melalui tautan berikut ini. (DI)

Keterangan: Hitsss adalah mitra media resmi acara Global Mobile Challenge (GMC) 2016.