Adiyasa Prahenda/ hitsss.com
Adiyasa Prahenda/ hitsss.com

Langkah agar startup kamu tak gagal

Hal pertama dalam membangun startup mendapatkan kucuran pendanaan dari investor. Pastinya, hal ini begitu menyenangkan bukan. Namun, jangan senang dulu, karena para investor akan menanyakan, bagaimana cara mengembalikan modal mereka.

Jika startup kalian sudah bisa mengembalikan modal investor pastinya sudah merasa aman. Akan berbeda situasinya bila kamu belum bisa balik modal, pastinya startup kamu bisa dianggap gagal.

Andy Zain, Managing Director Kejora Ventures berpendapat, “Saat ini banyak sekali anak muda yang mendirikan startup, namun hanya sedikit yang berhasil dan banyak gagal. Bahkan, 80 persen startup di Amerika gagal selama 18 bulan.”

Melihat kondisi memprihatinkan, sebelum membangun bisnis harus memperhatikan beberapa hal. “Hal yang harus diperhatikan membangun tim, tidak semua harus jago IT. Terkadang ada yang bisa di marketing, atau skill lainnya. Kedua, perbanyak hubungan relasi dan ketiga sudah membuat mock-up produk untuk ditawarkan ke investor, atau prototipe-nya,” ujar Andy.

Dengan cara tersebut, investor bisa yakin dengan startup kita dan tidak lupa sudah melakukan uji pasar supaya kita tahu letak permasalahan dan juga sudah mempunyai tujuan pasar yang akan dituju nantinya. Tambah Andy dalam presentasi pertama di Startup Connext Conference.

Baca halaman selanjutnya : Teknologi berkembang pesat dan penting…